Montae Nicholson Womens Jersey Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Akreditasi Penjaminan Mutu dan Rapat Bulanan Januari 2019 Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II
Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Batulicin. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Batulicin. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan Powered By GSpeech

Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Akreditasi Penjaminan Mutu dan Rapat Bulanan Januari 2019 Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II

rtm jan4

www.pn-batulicin.go.id, BATULICIN - Rabu (30/01/2019).sekitar pukul  09:00 WITA Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II mengadakan Rapat Bulanan sekaligus Rapat Tinjauan Manajemen Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II yang berlangsung di ruang sidang utama Cakra Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II, adapun rapat di pimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II  Eryusman,S.H. dan diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II Christina Endarwati,S.H., M.H, Para Hakim,Panitera,Sekretaris, Para pejabat Struktural dan Fungsional beserta Staf dan Honorer Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II.

Secara Keseluruhan, materi rapat antara lain membahas tentang :

1. Rapat Tinjauan Manajemen dan Reformasi Birokrasi

2. Sosialisasi Dipa 01 dan 03  serta rencana penyerapan anggaran TA 2019 oleh Sekretaris Pengadilan Negeri Batulicin.

3.Sosialisasi RKT dan Program Kerja 2019.

4. Presentasi Laporan Hakim Pengawas Bidang serta Panitera dan Sekretaris.

5 Sosialisasi SK KPN Batulicin.

6. Pembinaan Integritas dari KPN Batulicin

7. Pengumuman Role Model dan Honorer Terbaik.

rtm jan1

rtm jan3


Agenda Pertama dimulai dengan Rapat Tinjauan Manajemen dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II Eryusman,S.H. atas hasil Assestment Internal pada 07 Januari 2019 s.d 09 Januari 2019 yang pokok pembahasannya sebagai berikut :


1.Hasil Assessment Internal

Berdasarkan pelaksanaan Assessment Internal (dengan Materi: SOP, produk serta lingkungan), dapat disimpulkan bahwa pada pokoknya masing-masing bagian telah berorientasi pada proses pemenuhan sasaran mutu yang sudah ditetapkan dan melengkapi standar sistem manajemen mutu pelayanan Pengadilan Negeri Batulicin secara lengkap dan menyeluruh sedangkan dari hasil Assessment Internal ditemukan adanya ketidaksesuaian yang bersifat Minor dan dari hasil Verifikasi ketidaksesuaian tersebut telah ditindaklanjuti dan dipenuhi maka temuan ketidaksesuain dapat dinyatakan ditutup.

 2.Umpan balik customer (survey kepuasan dan komplain)

Umpan balik dari pengguna Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II yang telah diperoleh dari Survei Kepuasan Pelanggan sebagaimana dimaksud di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14 Tahun 2017, didapatkan hasil bahwa dalam Survei Kepuasan Pelanggan pada Periode Juni 2018 s.d Desember 2018 di Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II, didapatkan skor 82,00 atau berada di kategori “SANGAT BAIK” dan telah mengalami peningkatan dari skor sebelumnya yaitu 81,89%. Hal ini menandakan telah terdapat peningkatan layanan yang telah dilakukan oleh seluruh unsur Pimpinan beserta Aparatur di bawahnya di Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II.   


3.Kinerja proses dan kesesuaian jasa pelayanan

Kinerja proses dan kesesuaian jasa pelayanan Sistem Manajeman Mutu Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II sudah cukup memuaskan namun masih harus selalu ditingkatkan, agar unsur yang telah sangat baik (fasilitas gedung yang megah beserta ruangan-ruangan pendukungnya termasuk yang terbaru PTSP, dan kemudahan mendapatkan informasi) dapat dipertahankan, sementara unsur yang masih rendah nilainya (kesigapan petugas serta ketaan terhadap standar operasional prosedur pelayanan) dapat ditingkatkan, sehingga dalam survey mendatang diharapkan menjadi lebih baik lagi.

4.Tingkat pencapaian sasaran mutu
Tingkat pencapaian sasaran mutu pada semua unit kerja pada dasarnya sudah memenuhi capaian memuaskan apabila dilihat dari sasaran mutu yang telah ditentukan dan hal ini dapat dijadikan sebagai dasar dan bahan melakukan evaluasi kinerja untuk meningkatkan tingkat pencapaian sasaran mutu Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II yang pada akhirnya bermanfaat untuk mengambil tindakan dan kebijakan yang berorientasi kepada peningkatan pelayanan kepada masyarakat;


5.Tindak lanjut dari hasil manajemen review sebelumnya
Tindak Lanjut terhadap Hasil Manajemen Review Sebelumnya terdapat peningkatan dan ke depan tetap harus ditingkatkan. Hasil Kepuasan Masyarakat yang diwujudkan dalam Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dapat dijadikan sebagai dasar dan bahan untuk melakukan evaluasi kinerja oleh seluruh Keluarga Besar Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II, mulai dari Pimpinan, Hakim, Pejabat Stuktural dan Fungsional, Karyawan dan Karyawati serta seluruh tenaga honorer Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II. Pada akhirnya hal ini juga bermanfaat untuk mengambil tindakan dan kebijakan yang berorientasi kepada peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Survey Kepuasan Masyarakat ini hendaknya dilakukan secara periodik minimal dua tahun sekali dengan jumlah responden yang semakin banyak agar lebih representatif mewakili penilaian masyarakat terhadap kinerja Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II.


6.Perubahan yang memperngaruhi sistem manajemen mutu
Perubahan yang dapat mempengaruhi Sistem Manajemen Mutu harus dapat ditekan sekecil-kecilnya agar pelayanan kepada masyarakat meningkat demikian pula dengan kepercayaan masyarakat terhadap Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II juga semakin meningkat. Beberapa tantangan bagi Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II yang harus dihadapi dan diselesaikan dengan baik di antara dalam aspek-aspek sebagai berikut :
1. Aspek Proses Peradilan
• Terlambatnya relaas delegasi panggilan / pemberitahuan yang diterima Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II dari Pengadilan yang diminta bantuan delegasi mengakibatkan Minutasi serta Pengiriman Berkas Upaya Hukum menjadi terlambat dari tenggang waktu yang ditentukan.
• Para Pihak sering tidak mematuhi jadwal persidangan sehingga berdampak pada lambatnya pelaksanaan sidang dan percepatan penyelesaian perkara.

2. Aspek Pengawasan dan Pembinaan
• Belum optimalnya Sistem Pengaduan Masyarakat yang berbasis Teknologi Informasi (SIWAS) karena masyarakat banyak belum mengetahui bahwa setiap Pengadilan sudah memiliki sarana Pengaduan secara Online.

3. Aspek Sarana dan Prasarana
• Anggaran DIPA untuk Pemeliharaan Sarana dan Prasarana belum sesuai dengan kebutuhan sehingga terdapat beberapa Sarana dan Prasana yang tidak maksimal pemeliharaannya

Berikut adalah beberapa Rekomendasi Untuk Perbaikan bagi Keluarga Besar Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pengguna Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II sebagaimana Motto Pengadilan Negeri Kelas II yaitu “SUPER” yang merupakan kepanjangan dari “Santun, Unggul, Profesional, Energik, dan Ramah” yang terdiri sebagai berikut:

1. Petugas PTSP sebagai Garda Depan Pemberian Layanan di Pengadilan Negeri Batulicin agar senantiasa menjaga Standar 3S (Senyum, Sapa dan Salam) serta memberikan pelayanan yang Cepat, Cermat serta Akuntabel sebagaimana digariskan di dalam Standar Operasional Prosedur PTSP Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II;
2. Seluruh Keluarga Besar Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II harus senantiasa menjaga dan membudayakan 5R Kantor yaitu (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin);
3. Jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tiap-tiap pelayanan dari setiap bagian / unit yang ada di Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II agar mematuhi SOP dan apabila bisa dapat lebih dipercepat lagi.
4. Akselerasi Penyelesaian Perkara terutama berkaitan dengan pelaksanaan persidangan yang tepat waktu terutama perkara pidana mengingat dalam satu minggu pihak Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu hanya bisa menghadirkan Terdakwa sebanyak 2 (dua) hari persidangan;
5. Penyelesaian perkara perdata diharapkan tidak melebihi tenggang waktu yang ditentukan yaitu 5 (lima) bulan. Oleh karena itu senantiasa harus dibuat Court Calendar dan apabila ada yang lewat 5 bulan harus segera dibuatkan laporan keterlambatannya;
6. Terlambatnya penyelesaian Perkara Perdata serta Pengiriman Berkas Upaya Hukum masih terkendala mengenai Relaas Delegasi Panggilan / Pemberitahuan yang terlambat. Koordinator Delegasi dalam hal ini Panitera Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II beserta Petugas Delegasi agar melakukan koordinasi secara efektif dengan semua sarana yang tersedia baik manual maupun online sehingga kendala Delegasi Panggilan / Pemberitahuan ini dapat teratasi;
7. Dengan telah dibentuknya PTSP maka pertemuan langsung / tatap muka antara Jaksa dan Advokat dengan Panitera Pengganti sudah tidak diperkenankan lagi sehingga harus dihidupkan lagi Petugas Piket / Informasi Sidang serta Antrian Sidang yang kemudian Petugas Piket / Informasi Sidang memberikan Pengumuman Sidang terhadap perkara yang sudah siap untuk disidangkan.

rpt jan219

 

 

rpt jan419

rpt jan119


Kemudian setelah rapat dilanjutkan dengan Rapat Bulanan Periode Januari 2019. Rapat ini dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II Bapak Eryusman,S.H. Beliau memberikan arahan diantaranya agar selalu menjaga kedisiplinan baik dalam setiap tanggung jawab dan senantiasa selalu menjaga Budaya kerja 5R dan 3S.

Kemudian beliau memaparkan rencana kinerja tahunan 2019 serta Program kerja TA 2019, secara garis besar dalam deskripsi program kerja salah satu nya melaksanakan  Program Umum adalah Pemberlakuan  dan Pemberdayaan kembali Tim Reformasi Birokrasi serta Zona Integritas, sedangkan bidang teknis Yustisial/ Pembinaan dan Pengawasan. Meningkatkan mutu pelayanan kepada pencari keadilan sejak perkara diterima sampai dengan penyelesaian perkara, yang diupayakan tidak melebihi 5 bulan. Meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang buta hukum dan kurang mampu melalui program POSBAKUM dan Prodeo.

Rapat bulanan juga membahas laporan hasil pengawasan dari masing-masing Hakim Pengawas serta Laporan Rapat Kepaniteraan oleh Panitera dan Rapat Kesekretariatan oleh Sekretaris. Semua hasil pengawasan ditindak lanjuti dan dijadikan sebagai catatan untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan. Sehingga semua masalah yang ada dapat teratasi dengan baik dan benar sesuai dengan harapan.

Kemudian Sekretaris Pengadilan Negeri Batulicin Ahmad Faqihuddin,S.E. diberikan kesempatan untuk memaparkan sosialisasi Dipa 01 dan 03 serta rencana penyerapan Anggaran TA 2019 agar capaian lebih maksimal dan tidak mendapat teguran karena penyerapaan rendah, Ahmad Faqihuddin,S.E. juga mengharapkan kerjasama setiap bagian dalam maksimalisasi penyerapan anggaran.

rpt jan219

 

Terakhir dilaksanakan Pengumuman Role Model dan Honorer terbaik Periode Januari 2019-Juni 2019 serta reward yang diberikan kepada Dian Adriana Wahid,S.H. dan Triono Budikrit,S.H, kepada yang sudah terpilih diucapkan selamat, KPN Batulicin mengajak kepada seluruh pegawai agar dapat meningkatkan prestasi dan kinerja dalam memberikan pelayanan publik terhadap masyarakat.

rpt jan319

Rapat ditutup dengan do'a bersama yang dipimpin oleh Panitera Pengganti A.M Tasrih,S.E. Semoga Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II selalu dalam lindungan Allah Subhannalahuwataala dalam melaksanakan tugas dan kewajiban. Aamiin.. Salam SUPER!

 

Author : Yudhi Khairus S.

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
 Ian Thomas Authentic Jersey