Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Batulicin. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Batulicin. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan Powered By GSpeech

Sosialisasi dan Audit Reformasi Birokrasi (Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II)

www.pn-batulicin.go.id, Selasa (23/05/2017) pada pukul 09.30 Wita Pengadilan Negeri Batulicin menerima kunjungan dari Tim Sekretariat Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI untuk Sosialisasi dan Audit Reformasi Birokrasi (Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi),adapun Tim terdiri dari Sekretaris Ditjen Badilmilitun Ibu Jeanny Hilderia Veronica Hutauruk, S.E., Ak., M.M, Auditor Bawas Bapak Muhammad Anis, S.E., Ak. dan Junita Monica Angelica .H berdasarkan Surat Tugas Nomor : 508/Djmt.I/Ratgas/5/2017 tertanggal 15 Mei 2017 selaku Para Narasumber dan Auditor.

1.AUDITRB0001

Adapun peserta Sosialisasi dan Audit Reformasi Birokrasi selain dari Internal PN Batulicin, juga terdiri dari Tim dari Pengadilan Tinggi Banjarmasin yaitu Abdul Siboro,S.H.,M.H. (Hakim Tinggi PT Banjarmasin),Reno Listowo,S.H.,M.H. (Hakim Tinggi PT Banjarmasin),Abdul Hamid,S.H. (Panitera Pengganti PT BJM), H.Syaiful Aqli,S.H. (Panitera Pengganti PT BJM), Aulia Rahman,S.H.,M.H. (Kasubbag Renprog. & Anggaran PT Banjarmasin, dan Dede Pernadi Putra (Staf pada PT Banjarmasin yang juga sekaligus melakukan Pemeriksaan Reguler pada Pengadilan Negeri Batulicin berdasarkan Surat Tugas Nomor W15.U/738/PS.01/5/2017 tertanggal 18 Mei 2017. Selain itu juga dihadiri oleh perwakilan dari PN Martapura yang dipimpin KPN Martapura Sugeng Sudrajat,S.H.,M.H., Agustinus Sangkakala,S.H.,M.H. (Hakim PN Martapura), dan 3 orang Staf.

2.AUDITRB0003

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Wahyu Iman Santoso,S.H.,M.H. mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran pada Para peserta terutama Narasumber yang berkenan hadir untuk mengadakan Sosialisasi dan Audit Reformasi Birokrasi (Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pengadilan Negeri Batulicin, KPN Batulicin memberikan pemaparan tentang sejarah berdirinya PN Batulicin sejak tahun 2011 s.d sekarang hingga mendapatkan prestasi berupa sertifikasi ISO 9001:2008, Anggota Konsorsium Court Excellance yang berbasis d Australia, Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum, hingga saat ini sedang dalam proses menuju Reformasi Birokrasi.

3.AUDITRB000002

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Ibu Jeany Hilderia Veronica Hutauruk, S.E., Ak., M.M selaku Ketua Tim Sekretariat Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI, pertama-tama beliau meminta maaf karena keterlambatan kedatangan karena kesalahan teknis, yaitu pesawat yang ditumpangi mengalami masalah pada bagian sayap mesin sehngga harus menunggu untuk ganti Pesawat menuju Batulicin, kemudian tak lupa beliau mengenalkan Tim yang turut serta dibawa ke PN Batulicin.

Beliau mengucapkan terima kasih kepada KPN Batulicin yang telah mengundang Tim Sekretariat Reformasi Birokrasi dan menjelaskan mekanisme Sosialisasi dan Audit, uji petik dan presentasi dari KPN Batulicin dilanjutkan ke masing-masing Area yang mana Evidence akan ditunjukan dan dijelaskan oleh masing-masing Ketua Tim per Area (8 Area), sebelum melakukan Audit beliau melakukan Sosialisasi Reformasi Birokrasi.

4.AUDITRB7

 

Beliau menerangkan bahwa Reformasi Birokrasi adalah upaya Pemerintah untuk mencapai Good Governance (TARIF) serta melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap : sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut antara lain : aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business proses) dan sumber daya manusia (aparatur).

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, dirumuskan SASARAN Reformasi Birokrasi:

  1. Birokrasi yang bersih dan akuntabel serta berkinerja tinggi
  2. Birokrasi yang efektif dan efisien
  3. Birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas

 

Tak lupa beliau juga memaparkan mengenai Langkah-Langkah Reformasi Birokrasi,Strategi Pembangunan Nasional (2015 – 2019), Tujuan Jangka Panjang Pelaksanaan RB, Road Map RB, PROSES BISNIS PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI, PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI YANG TELAH OPTIMAL DI MAHKAMAH AGUNG, TAHAPAN NILAI RB, Metodologi Evaluasi PMPRB, HASIL EVALUASI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI TAHUN 2014-2017 pada Mahkamah Agung, dan kerangka logis Evaluasi RB (Internal dan Eksternal) yang terdiri dari Pengungkit 60% dan Hasil 40%. Para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan Sosialisasi tersebut.

6.AUDITRB2

 

Pada acara tersebut, diberikan reward juga kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Ibu Jeany Hilderia Veronica Hutauruk, S.E., Ak., M.M., selain itu ditampilkan juga Pegawai / Hakim yang paling lengkap kehadirannya dan paling sedikit kehadirannya.

Acara dilanjutkan dengan Audit Reformasi Birokrasi PN Batulicin oleh Bapak Muhammad Anis, S.E., Ak (Auditor Bawas) kepada masing-masing area, adapun skor sementara yang didapat dari hasil pengamatan Auditor adalah 85,35 yang menurut Ibu Jeany merupakan skor tertinggi.

Kegiatan Sosialisasi ini diagendakan selama 2 hari dengan dilanjutkan pada keesokan harinya hari Rabu tanggal 24 Mei 2017, dan kepada Narasumber dan Para Peserta akan diberikan sertifikat.

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech