Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Batulicin. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di website Pengadilan Negeri Batulicin. Website ini dilengkapi akses difable. Silahkan anda block tulisan dan klik aykon speaker untuk mendengarkan Powered By GSpeech

Sejarah Lembaga

SEJARAH PENGADILAN NEGERI BATULICIN

Secara singkat sejarah Berdirinya Pengadilan Negeri Batulicin diawali pada keluarnya Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 2006 Tanggal 12 Desember 2006. Pengadilan Negeri Batulicin pada saat itu di Ketuai oleh Bapak Ahmad Zamroni, SH,. MH. yang dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin Ibu Dr. Hj. Marni Emmy Mustafa,SH,. MH. pada tanggal 20 Desember 2011 dan diresmikan pada tanggal 11 Januari 2012 oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Bapak Dr. H. Harifin Andi Tumpa, SH., MH. Pada awal berdirinya Kantor Pengadilan Negeri Batulicin beralamat di Jalan Plajau Kabupaten Tanah Bumbu. Alasan dipilihnya gedung kantor pada alamat tersebut karena pada saat itu Gedung Kantor Pengadilan Negeri Batulicin di Jalan Dharma Praja Gunung Tinggi masih dalam tahap pembangunan. Setelah pembangunan selesai sejak April 2012, Pengadilan Negeri Batulicin menempati kantor baru tersebut.

Selama beroperasi Pengadilan Negeri Batulicin dibantu oleh pihak-pihak lain seperti bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berupa hibah rumah jabatan yang ditempati oleh Ketua,Wakil, para Hakim, Panitera dan Sekretaris berjumlah 12 bangunan yang dilengkapi fasilitas umum berupa mushola dan lapangan tenis. Selain itu Pengadilan Negeri Batulicin juga mendapat bantuan berupa 4 unit kendaraan roda 2 dan 1 unit kendaraan roda 4 dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Tanah Bumbu, Pengadilan Negeri Batulicin menempati Gedung Kantor baru di Jalan Kodeco Km 4 Kabupaten Tanah Bumbu diresmikan oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali,SH.,MH. pada tanggal 18 Maret 2016. Pada Kesempatan tersebut juga diadakan penyerahan Sertifikat ISO oleh perwakilan dari Lembaga Sertifikat Nasional PT. TUV NORD INDONESIA-GERMANY yang berpusat di Jerman yang diterima oleh Bapak Nurhadi,SH.,MH selaku Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Pada tanggal 12 Oktober 2016 Pengadilan Negeri Batulicin kelas II kembali meraih prestasi yaitu terdaftar menjadi anggota ICCE (International Consortium for Court Excellence). Pengadilan Negeri Batulicin memiliki status Impementing Member telah melaksanakan kerangka kerja yang ada pada ICCE tersebut. Kemudian Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II kembali meraih prestasi Akreditasi "A" pada tanggal 02 November 2016 di Mataram. Ini merupakan kebanggaan bagi Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II karena meraih 3 prestasi dalam 1 tahun.

Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II juga telah menerapkan DCS (Digital Court System) yaitu semua berkas yang ada akan diproses menjadi berkas digital. Sehingga lebih memudahkan dalam pencarian berkas dan keamanan data yang lebih terjaga. Berkat adanya DCS ini persidangan pada Ruang Sidang Utama Cakra sudah tidak menggunakan berkas lagi karena semua berkas persidangan telah didigitalisasi dan ditampilkan diperangkat keras yang sudah disediakan pada masing-masing peserta sidang termasuk para hakim dan pantira.

Sampai sekarang Pengadilan Negeri Batulicin selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat pencari keadilan Kabupaten Tanah Bumbu. Segala informasi, kritik dan saran selalu dibuka untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Fasilitas lengkap juga dirasakan pada Gedung Kantor Pengadilan Negeri Batulicin yang baru tersebut seperti ruang tunggu yang luas dan nyaman, meja informasi dan pos bantuan hukum, ruang sidang full acc serta tidak lupa fasilitas IT seperti video conference yang dilengkapi kamera dan CCTV.

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech