• +0518-6070329
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Senin-Jum'at 08:00-16.30

Sosialisasi PERMA 1 Tahun 2019, PERMA 4 Tahun 2019 dan Eraterang (Surat Keterangan Online) Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

www.pn-batulicin.go.id, Jum'at (25/10/2019). Pada Hari Jum'at tanggal 25 Oktober 2019 sekitar pukul 08:30 WITA Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II mengadakan acara Sosilisasi PERMA 1 Tahun 2019, PERMA 4 Tahun 2019 dan Eraterang (Surat Keterangan Online). Pada acara ini diundang beberapa dari instansi pemerintahan, para advokat dan  instansi swasta serta perwakilan masyarakat kabupaten Tanah Bumbu. 

Acara dibuka oleh Pembawa acara Ibu Damayka,S.H.,M.H dan pembacaan Doa oleh Andi Muhammad Rizal,S.H. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dimana seluruh hadirin yang ada pada saat itu berdiri dan bersama-sama menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu acara selanjutnya yaitu sambutan dari Ketua Panitia Acara yaitu Panitera Pengadilan Negeri Batulicin Bapak H. Fahrul Rifani,S.H. Dilanjutkan oleh Sambutan Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II Bapak Eryusman,S.H.

Pada saat masuk inti acara dimana dimulai Sosialisasi PERMA 1 Tahun 2019 yang menjadi narasumber adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II Ibu Christina Endarwati,S.H.,M.H. Beliau menyampaikan pokok materi diantaranya mengenai ECourt dan ELitigasi. Dimana pada sebelumnya Ecourt hanya mencakup pendaftaran perkara secara online berupa perkara Perdata Gugatan saja, namun saat ini sudah sampai Perkara perdata gugatan, bantahan, gugatan sederhana dan permohonan. Proses tahap pendaftaran dari pengguna terdaftar dan non advokat juga dijelaskan pada sesi tersebut. Hingga pada sesi dimana pertanyaan dari hadirin yang ada juga dijawab berdasarkan data-data dan materi yang sudah disampaikan.

Pada sesi berikutnya dimana sosialisasi PERMA 4 Tahun 2019 yang menjadi narasumber adalah Hakim Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II Bapak Chahyan Uun Pryatna,S.H.,M.H. Beliau menyampaikan materi diantaranya mengenai Gugatan Sederhana, syarat-syarat gugatan sederhana, jangka waktu sampai dengan template atau form gugatan sederhana yang dibagikan juga pada para peserta sehingga penjelasan materi pada saat itu sangat jelas dan mudah dipahami audiens. Pada sesi pertanyaan juga dijawab dan baik dan lancar sehingga pada sesi ini acara semakin menarik para audiens yang ada.

Pada sesi berikutnya sosialisasi Eraterang (Surat Keterangan Online) Pengadilan yang menjadi narasumber pada saat itu adalah Hakim Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II Bapak Andi Ahkam Jayadi,S.H.,M.H. Beliau menyampaikan dari Pengertian Eraterang, syarat-syarat sampai dengan proses pendaftaran hingga surat keluar dari Pengadilan Negeri mengenai surat keterangan seperti Surat keterangan tidak pernah dipidana.

Diakhir acara ditutup oleh Ketua Pengadilan Negeri Batulicin Kelas II dimana beliau menyampaikan akan terus melakukan Sosialisasi produk-produk Mahkamah Agung RI yang selalu memberikan inovasi dibidang pelayanan sehingga memudahkan para pencari keadilan. Oleh karena itu beliau juga berpesan untuk dukungan semua pihak dalam memberikan informasi ini kepada masyarakat lain agar semua masyarakat khususnya di Tanah Bumbu mengetahui produk-produk pengadilan.